Selasa, 09 Agustus 2016

Mereka berkomentar, Saya Membuktikan

Seperti yang kita ketahui kalau bagian judging itu pasti dilakukan oleh mereka yang hanya memandang kita dari luarnya saja. Mereka bisa berkomentar tanpa tahu dulu seberapa besar perjuangan kita sebelumnya. Contohnya gak usah jauh-jauh deh, Saya kuliah memang dari tahun 2007 dan baru lulus ditahun 2016. Banyak sekali mereka berkomentar seperti :

"Elo males sih jadi gak lulus-lulus"
"Makanya jangan kebanyakan jalan-jalan"
"Lo orangnya gak serius kuliah, jadi aja terbengkalai tuh kuliahnya"
"Kurang-kurangin maennya, Fokus sama kuliah"
"Belajar yang bener jangan maen mulu"

Begitulah komentar sebagian teman saya yang masih terngiang dipikiran saya. Oke guys...Disini saya mau meluruskan saja dari apa yang sudah kalian lontarkan untuk saya. Sebelumnya saya banyak sekali ucapkan terima kasih kepada kalian yang sudah banyak berkomentar seperti diatas. Karena dengan komentar kalian seperti itu membuat saya semakin terpacu untuk bisa membuktikan kepada teman semua kalau saya juga bisa lulus walaupun prosesnya agak lama. 
  1. Kendala saya adalah karena pekerjaan. Dari tahun 2006 - akhir 2013 saya bekerja di salah satu mall terbesar di Jakarta. Masalah waktu yang membuat saya kesulitan untuk kuliah. Pekerjaan saya tidak Office Hour melainkan Shifting. Saat Ujian Kuliah saya selalu tidak bisa hadir karena tidak ada teman yang bisa menggantikan schedule saya. Jadi ada beberapa mata kuliah saya tidak dapat nilai sama sekali karena saya tidak ikut ujian.
  2. Masalah keuangan, Saya pernah kekurangan biaya karena dulu waktu harus bayar kuliah uangnya terpakai karena saya kecelakaan. Selalu dihadapkan dengan sesuatu yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya.
  3. Kampus saya menggunakan sistem periode yaitu setiap 2 bulan sekali kami harus membayar kuliah dan dapat memilih mata kuliah apa saja yang akan kita ambil selama 2 bulan kedepan. Nah mata kuliah yang seharusnya saya ambil selalu saja tidak tayang saat periode itu. Makanya saya jadi kesulitan untuk mengejar sks yang ada.
Hal yang saya sebutkan diatas hanya sebagian besarnya saja, Tapi kenyataannya masih banyak kendala lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Itulah alasan mengapa saya agak lama untuk menyelesaikan kuliah karena beragam kendala yang saya hadapi saat itu.

Saya pun juga pernah cuti panjang karena pekerjaan saya shifting. Saya mikir lagi, Sayang banget kalau banyak mata kuliah saya yang hangus hanya karena saya tidak bisa ikut ujian.

Makanya saya lebih memilih untuk cuti panjang dari pada harus buang-buang uang begitu saja. Dulu setiap saya cuti selama 2 bulan, Saya hanya membayar sebesar Rp. 100.000 saja. kalau kuliah kan tiap 2 bulan sekali saya harus membayar lebih dari 2 juta. Coba kalau kalian jadi saya, Apa yang akan kalian lakukan. Pasti sama dong dengan apa yang saya pikirkan. ya ndak?

Tapi hal itu semua bisa saya hadapi setelah saya mendapatkan pekerjaan office hour. Alhamdulillah satu persatu mata kuliah yang saya kejar bisa terselesaikan dan nilai yang saya dapat pun tidak pernah ada masalah. Karena kampus saya selalu mempermasalahkan kehadiran dari mahasiswa itu. Percuma nilai ujiannya bagus kalau kehadirannya kurang. 

Terima kasih banyak buat teman-teman yang sudah care dengan saya dan selalu memberikan komentar yang terbaik untuk saya. Setidaknya walaupun saya lama menyelesaikan kuliah bukan berarti saya bodoh. Buktinya nilai skripsi saya bisa dapet 80 (A-).


Bukan berarti seseorang yang menyelesaikan kuliahnya selalu punya kendala dengan nilai yang buruk. Beda halnya dengan mereka yang kuliah Kelas Eksekutif (Kuliah kelas malam).

Kebanyakan dari mereka kendala utamanya adalah WAKTU. Karena mereka selalu kesulitan menemukan waktu untuk kuliah. Universitas Budi Luhur Kelas Eksekutif memulai kegiatan mengajarnya dari Pukul 19.00 PM - 21.00 PM setiap hari dari Senin - Jumat dan Sabtu 08.00 AM - 17.00 PM. Maka dari itu, bagi para pekerja yang bekerja nine to five mungkin bisa dengan lancar menyelesaikan kuliahnya. Kalau kerja bagian shifting selalu banyak kendalanya.

Sekian dan Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ah komen daripada cuma sebarin Spam

Copyright 2012 Dian Juarsa. Diberdayakan oleh Blogger.